Untuk Orang Tua! Inilah Mendidik Anak saat Sosial Distancing Menurut Psikologi

Home / Gaya Hidup / Untuk Orang Tua! Inilah Mendidik Anak saat Sosial Distancing Menurut Psikologi
Untuk Orang Tua! Inilah Mendidik Anak saat Sosial Distancing Menurut Psikologi Ilustrasi - Tips mendidik anal saat Sosial Distancing (FOTO: siedoo)

TIMESPAREPARE, SURABAYA – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Salah satu yang diterapkan adalah social distancing.

Adanya kebijakan tersebut, aktivitas di sekolah ditiadakan dan diganti dengan belajar di rumah. Hal ini, bagi sebagian orang tua dianggap menambah tugas orang tua di rumah.

Lalu bagaimana langkah orangtua mendampingi anak dalam masa sosial distancing ditengah pandemi virus Corona ini?

Dosen Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya, Nailatin Fauziyah, S.Psi, M.Si menjelaskan bahwa peran orang tua tidak sama dengan peran guru yang ada di sekolah.

"Orang tua tidak harus tau semua mata pelajaran kayak guru kelas gitu, tetapi lebih ke arah mendampingi dan tetap tenang," ungkap Naila saat dihubungi TIMES Indonesia Senin (30/3/2020).

Dengan mendampingi anak, orangtua lebih mudah memahami anak sehingga apa yang ia ajarkan akan lebih mudah diterima oleh orangtua terlebih tentang pendidikan keterampilan hidup.

"Tidak hanya belajar tentang akademik, tetapi juga keterampilan hidup dan nilai itu perlu diajarkan pada anak," kata Naila.

Naila juga menjelaskan bahwa dengan mempelajari kehidupan itu penting karena bisa mengasah keterampilan anak dalam bertindak. Seperti belajar kehidupan di rumah, bukan monoton ngerjakan soal dan menjawabnya

Disamping itu, Naila juga berharap kepada seluruh orangtua yang ada di Indonesia untuk terus mendampingi anak dengan mengontrol emosinya agar tidak terjadinya kekerasan verbal maupun fisik pada diri anak.

"Untuk orangtua emosinya harus dijaga betul, karena kalau tidak akan berdampak pada kekerasan anak nanti," urai Naila saat memberikan tips bagaimana orangtua mendidik anak saat social distancing. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com